Kamis, 28 Maret 2013

TAWADHU’ MERUPAKAN AKHLAK MULIA

TAWADHU’ MERUPAKAN AKHLAK MULIA
Salah satu akhlakul karimah seorang beriman adalah tidak sombong tetapi selalu rendah hati. Dalam bahasa arab disebut tawadhu’. Sifat tawadhu’ sangat mulia dan terpuji. Sifat ini merupakan sarana untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Orang yang selalu rendah hati di setiap pergaulan maka ia akan selamat. Dia akan disenangi orang lain.

           Orang dikatakan tawadhu’ dapat dilihat dari tingkah laku dan ucapannya sehari-hari. Ia selalu menjaga agar jangan menyakiti hati orang lain. karena itu ia berusaha untuk tidak sombong. Lisannya dikekang agar jangan sampai mengucapkan kata-kata yang dapat menyakitkan orang lain. meskipun mendapat ejekan namuntetap memaafkannya, karena menyadari bahwa orang bodoh tidak mempunyai ilmu dan harus dimaklumi.
          Lawan dari tawadhu’ adalah ujub dan sombong. Ujub adalah perasaan bangga yang ada dalam hati terhadap sesuatu yang dimiliki atau dikerjakannya. Orang yang selalu tawadhu’ baik kepada Allah maupun kepada manusia, maka ia akan mendapat kemuliaan. Tentu saja kemuliaan itu dari Allah.
Nabi Muhammad SAW bersabda : “barangsiapa merendahkan hati yaitu tawadhu’ maka ditinggikan derajatnya oleh Allah. Sebaiknya barangsiapa yang sombong pasti dijatuhkan kedudukannya.
Rendah hati merupakan cirri seorang muslim. Oleh sebab itu dalam pergaulan sehari-hari hendaknya kita selalu bersikap ramah dan jangan menyombongkan diri. Apa artinya menyombongkan diri? Apakah kita berharap ingin mendapat pujian? Tidak mungkin. Jusru orang-orang akan muak dan membencinya. Sedangkan sikap rendah hati atau tawadhu’ akan banyak mendapattkan teman dan kelak di akhirat dinaikkan derajatnya.
Jiak di dalam diri kita sudah terbiasa rendah hati, maka kita tidak butuh kemuliaan dari orang lain. kita akan berbangga diri dan tidak sombong. Sebab kemuliaan dan derajat seseorang disisi Allah hanya karena amal perbuatannya.
JAWARA BLOG STTQ 2013
Nama Peserta :
1.      Mohammad Darul Asmawan
2.      Debi Agus Santoso
NO ID : 1302040
Asal Sekolah : SMA BAHRUL ULUM, Sekapuk
Si Ungu Kreatif à STTQ (Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin)

0 komentar: